Jalan-jalan men

Dari awal aku memang ingin tau tempat STAN berada. Tahun lalu memang ga sempet daftar, dan tahun ini aku ngerasa aku suka dengan jurusan yang aku jalanin sekarang. Dan aku diberi kesempatan untuk tau STAN berada. Tepatnya di Bintaro, Tangerang. Aku emang udah janji dari awal kalo aku bakal nemenin Tami,temenku itu daftar. Dan hari ini aku dan tami memulai petualangan itu dari jam 8 pagi…

Aku dan dia janjian di stasiun pondok cina. Jam 8.30 aku udah ada di stasiun. Sebenernya agak serem juga naik kereta di jam-jam orang berangkat kerja. Akhirnya jam 9.10 aku dan tami baru naik kereta ke Tanah Abang. Dari stasiun pocin sampe Univ Pancasila semua orang masih bersikap normal. Dan stasiun-stasiun selanjutnya banyak orang yang masuk. Semakin banyak orang yang masuk, semakin mereka mengeluarkan wujud aslinya. Zombie mungkin.

Dari tanah abang lanjut naik kereta ke stasiun pondok ranji. Di pondok ranji, Tami memberi pengakuan bahwa dia baru pertama kali turun di stasiun itu. Aku pura-pura kaget tuh. Trus nanya deh ke petugas KA, beliau kasih tau kalo keluar dari stasiun itu jalan ke kiri dan lurus terus sampe lampu merah, dari lampu merah naik angkot yang ke kiri dan Tanya aja yang ke stan.

Singkat cerita, sampe di stan jam 10.30. disana tami ambil nomor antrian. Ternyata dapet nomor 849. Gila? Emang. Tapi wajar lah, STAN gitu.. kalo yang daftar 5-10 orang mah namanya playgroup. Pemeriksaan berkas ditunda dari jam 11 sampe jam 1. Kan solat jumat. Trus aku sama tami keliling stan aja tuh. Pas keliling, aku ber-imagine kalo gundar punya halaman yang luas kayak STAN. Tapi, jujur aja sih, pas di stan ngerasa kesepian. Mungkin karena sudah terbiasa dengan hiruk-pikuk kesibukan dan asap rokok mahasiswa gundar yang tak hingga.

Jam 1.30 an ketemu pakde nya tami. Ini nih yang aku suka dari orang jawa. Mereka berpakaian sederhana tapi mentalnya sudah teruji. Dan.. ternyata rumah pakdenya tami deket bangetsss sama stan. Uwoooowww…

Sekitar jam 2 hujan deres banget dan tami masuk untuk pemeriksaan berkas. Aku diluar bareng orang tua murid yang daftar lainnya. Mungkin Allah sedang memperlihatkan salah satu bagian yang sempat aku lewati sebelumnya. Aku melihat sang Ayah melepaskan jaketnya agar anak dan tas yang anaknya bawa itu tidak terkena hujan. Mirisnya, anaknya itu malah mengeluh ini-itu ke ayahnya. Dan ketika anaknya masuk, ayahnya berdiri tidak jauh di depanku. Kemudian dia mengobrol dengan bapak-bapak lainnya. Bukan aku ngupingin, tapi kedengeran. Ternyata beliau dari cililin, bandung barat. Dan datang ke bintaro ini menggunakan motor dan memboncengi anaknya. Subhanallah.. dan satu lagi, ayah itu membuat pernyataan ke bapak-bapak lainnya bahwa anaknya sedang berjuang di dalam. Astagfirulloh..

Melihat momen itu, lagi-lagi aku ditampar oleh niat awalku. Aku kuliah untuk belajar sungguh-sungguh. Aku harus jadi yang terbaik. Aku harus jadi yang tersorot. Tapi nyatanya? Semua berbanding terbalik. Ditambah lagi perjuangan orang tua yang sudah mencari uang untuk membiayai aku sekolah, dan mendoakan aku di setiap sholatnya. Aku sudah ditampar di pipi kanan sekaligus kiri.

Aku mencoba untuk menghubungi mami papi. Mungkin efek hujan deras yang disertai petir, sinyalpun tidak ada. Dan aku cuman bisa merasakan tetesan hujan yang terbawa angin yang menerpa wajahku. Aku menyadari bahwa aku sudah keluar terlalu jauh dari garis yang sudah aku buat.

Kira-kira jam set 4 tami keluar. Aku berharap mendengar good news. Tapi ternyata tami bilang bahwa fotonya yang tidak memakai kerudung dan keadaan sekarang yang sudah memakai kerudung menjadi masalah. Apa orang yang sudah mendapatkan petunjuk menjadi masalah bagi instansi? Ah sudahlah, selama masih ada solusi, tidak perlu dipermasalahkan.

Awalnya kami berencana mampir dulu ke kota tua. Di perjalanan ke stasiun sih oke oke aja. Masih jam set 4. Pikiran saat itu paling nyampe kotu jam 4, trus keliling-keliling sampe jam set 6, terus pulang deh. Tapi di perjalanan ke stasiun, angkot yang aku sama tami naikin udah kayak siput berlari. Kayaknya 20 km/h. Nyampe stasiun jam 4. Pas udah masuk stasiun, ternyata kereta lewatnya jam 4.50. feeling udah ga enak aja. Dan kereta munculnya jam 5.15. Kalo ada uji kesabaran, mungkin aku sama tami orang yang bakal lulus seleksi itu duluan. Akhirnya naik tuh..

Di perjalanan ke stasiun tanah abang, aku lihat jam. Udah jam 6 kurang 10. Ga enak juga malem-malem ke kotu, mana jomblo, mana cewe, mana laper.. akhirnya turun di tanah abang trus nanya ke petugas cara ganti tujuan. Kata petugasnya harus keluar stasiun dulu trus isi ulang kartunya. Pas mau keluar, aku sama tami ngelihatin mesin minuman kaleng. Kalo digambarin gimana wajah kita, mungkin kayak spongebob sama Patrick yang baru nemuin api. Sampe turun tangga juga mata masih aja lihat ke tuh mesin. Habisnya…canggih sih.  HAHAHA

Karena laper, akhirnya cari makan dulu. Jalan..Jalan.. nemuin yang jual mie ayam. Terus lirik-lirikan lama sama tami. Trus masuk deh. Pesen mie ayam 2, nutrisari 2. Tempatnya gelap-gelap bising gimana gituh. Selagi mas-masnya siapin. Aku ngelirik mba-mba yang di samping kiri, sama mas-mas yang di depan. Itu mereka makannya lahap bener, udah bukan mangkoknya lagi yang bersih, tapi sumpitnya juga dijilatin. Se-enak itu kah mie ayam di tempat tak meyakinkan inih??

Pesanan dateng. Dari posenya, ada taburan putih di atas pangsit. Karena yang ada dibayangan aku yah wajah mba-mba tadi, aku makan deh. Pangsitnya dulu.. ada rasa asin yang gimana gitu. Trus ayamnya, rasanya hmm ga bisa dideskripsikan. Dan mie nya. Pas makan mie-nya, jujur deh mau nangis demi apapun… ini makanan atau ketek sih..

Awalnya mau habisin, tapi baru 30% nya aja udah ada gejolak di dada. Aku lirik tami deh, dia nampilin wajah ayo-pergi-sekarang-ini-bisa-meracuni-kitahh.

Keluar dari tempat mie ayam itu rasanya kayak berhasil bawa motor di depan bis meskipun udah kena asap bis sebelumnya. Bebaassshhh…

Terus aku sama tami jajan-jajan gitu. Namanya juga perempuan. Lirik-lirik barang yang lucu meski gatau apa kegunaannya.
Tukang masker : goceng aja neng..
*aku tami, pura-pura ga lihat
Tukang masker : goceng aja neng, dilihat dulu..
*tami udah gatel
Tami : lihat yuk qor..
*beli masker
*Jalan beberapa langkah.
*lihat headset 10.000
*beli headset
*jalan beberapa langkah
*lihat yang jual sepatu
*mencoba mengabaikan, tapi ga bisa
*lihat-lihat
*pergi…

Beres beli tiket, aku sama tami masih ngelihatin mesin minuman itu. Dan, banyak yang udah coba ternyata berhasil. Pengen coba sih.. tapi mesin yang kayak gitu ga ngeluarin kembalian. Tapi kalo kesana lagi, wajib coba ahh..

Aku sama tami nunggu kereta. Dari anggun, kini berubah jadi zombie. Mau-engga-mau kalo naik kereta emang harus berubah jadi zombie kalo mau kebagian ruang.

Diperjalanan pulang, rasa ngantuk, mual, cape, pusing, semuanya ada. Pengennya kereta langsung nyampe depan kosan, tapi yah.. harus jadi zombie dulu kalo mau keluar dari kepiluan kereta ini.


Comments

Popular posts from this blog

Penggunaan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar

Algoritma Greedy

Fungsi MPK