Tips menjadi anak kost

Halo yang disana!

Menjadi anak kos bukan berarti terbebas dari pengawasan orangtua. Emang bebas sih, tapi engga bebas-bebas amat.

Enaknya jadi anak kos itu, bisa ngobrolin apapun di kosan bareng temen-temen tanpa takut terdengar orang tua. Bisa males-malesan, atau tidur sampe 15 jam seharian. Bisa bawa pacar juga ke kosan, tapi sayangnya aku engga punya ._. tapi kalaupun punya juga males banget ngajakinnya. Ada lagi.. bisa makan apa aja yang kita mau, contohnya kalau di rumah engga di bolehin minum soda, nah di kosan bisa pasok minuman soda sampe berpuluh-puluh botol.


Dibalik kebahagiaan pasti ada kesedihan. Sedihnya jadi anak kos, uang selalu cepat habis, homesick , bersih-bersih sendiri, cari makan yang bikin galau, masih banyak lainnya. Tapi kayaknya lebih banyak sedihnya deh..Tapi kesedihan itu bisa ditekankan kok. Ini dia, beberapa tips agar bisa menjadi anak kos yang adem ayem:
  • Cari teman satu kamar

Teman satu kamar sangat berpengaruh buat kita, apa lagi yang baru pertama kali nge kos. Dengan teman sekamar tidak akan merasa homesick. Kenapa? Pasti malu lah kalo ketahuan cengeng. Tapi cari teman satu kamar juga harus pilih2. Sebaiknya harus tahu sedikit banyak latarbelakangnya, pergaulannya di sekolahan, pernah ikut organisasi apaan. Yah intinya sih sebelum jadi teman kosan, kepo in dulu biar engga salah pilih. Emangnya harus pacar aja yang engga salah pilih
  •  Pasok beras dan abon/roti

Beras dan abon/roti menjadi makanan pokok anak kosan. Kebanyakan anak kosan males untuk sarapan. Alesannya sih masih pagi keluarnya, kalo engga bilang masih ngantuk. Anak kosan memang punya beribu alasan. Ini nih beberapa cadangan makanan yang harus ada di kosan. Makan nasi pakai abon aja nikmatnya luarbiasa, kalo bisa sih pas lagi makan sambil lihat gambar-gambar makanan enak.
  • Jangan bawa uang banyak di dompet

Biasanya kalo udah di luar kadang engga inget hari esok, apa lagi soal uang. Nah, disinilah wajib buka rekening. Biasanya orang akan males untuk mengambil uang di atm. Jujur saja, hal yang paling bahagia adalah atm nya offline atau rusak, dengan begitu hasrat mengeluarkan uang juga offline, nafsu makan juga offline -_-
  • Jauhi mall atau itc

Kedua daerah itu menjadi daerah terlarang untuk dikunjungi. Wajar saja sih aku bilang gitu karena kalo udah disana, bawaannya mau ngehabisin uang aja. Meskipun udah tau sisa tinggal 30 ribu, pasti aja dibeliin barang, entah sepatu atau tas yang terus ditawar hingga setara dengan sisa uang.
  • Jangan beli camilan

Biasanya harga camilan lebih mahal dari harga warteg. Oh iya, kalo beli makan, lebih baik di warteg. Tapi wartegnya juga pilih-pilih dulu. Cari yang murah, banyak tapi engga ada lalernya. Emang mau makan laler?
  • Hemat pulsa

Untuk yang satu ini pasti setiap orang sulit menjahui. Sebenarnya bukan pengen bikin bangkrut penjual pulsa. Tapi, sebagai anak kosan yang tidak ingin kecolongan, harus adanya penghematan. Yah, kalo ada yang sms piker 2x deh. Harus banget di bales atau engga. Terus lihat juga operatornya apa. Mahal kan kalo beda operator.
  • Cuci baju sendiri

Buat yang males-males. Demi penghematan, wajib nih cuci baju sendiri. Kala terus menerus memakai jasa laundry bisa-bisa makan nasi pakai garam. Nih perhitungannya, 1 kg tuh sama dengan satu celana panjang dan dua baju. Sementara 1 kg berkisar antara 4-6 ribu. Kalo cuci sendiri, satu sasetnya cuman 1500 rupiah cucinya bisa sampai 2.5 kg. lumayan kan?



Sebenarnya masih banyak tips agar tidak teledor bagi anak kosan. Tapi, intinya nge kos bukan berarti ingin jauh dari pengawasan orantua. Orangtua memberi izin untuk ngekos sekaligus membayar kos itu berarti mereka ingin kita menjadi anak yang rajin belajar dan ilmunya bermanfaat. Menjadi anak kos juga memberi kita jarak dengan orang tua agar kita tahu bahwa sulitnya mereka memenej uang, juga agar kita tahu betapa kesepiannya jauh dari orangtua. 

Comments

Popular posts from this blog

Penggunaan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar

Algoritma Greedy

Fungsi MPK