Domain dan Hosting

Domain pada dasarnya adalah sebuah nama website dalam internet. Saat membuat sebuah website, dan berencana untuk order atau membeli domain, tentunya tidak bisa menamai domain dengan yang sudah ada di internet.
Apabila ingin membuat sebuah website dengan nama domain akusaya.com, kemudian ternyata sebelum   sudah ada orang lain yang sudah memiliki website yang berdomain akusaya.com, maka tentunya   tidak akan bisa membeli domain akusaya.com karena sebelumnya sudah ada yang memiliki domain tersebut.
Domain mempunyai level-level tertentu.
TOP Level Domain
TOP Level Domain memiliki dua jenis, yaitu gTLD(Global Level Domain), dan satunya lagi bernama ccTLD(Country Code Top Level Domain). Untuk gTLD, nama domainnya itu "berdiri sendiri", berikut adalah daftar domain gTLD:
·         .com
·         .net
·         .org
·         .edu
·         .gov
·         .mil
·         .info
Nah, sementara untuk domain ccTLD, berikut adalah daftarnya:
·         .id
·         .co.id
·         .web.id
·         .my.id
·         .ac.id
·         .sch.id
·         .or.id
Saya asumsikan   sudah tau perbedaan dari ccTLD dengan gTLD ya.
Hosting merupakan sebuah tempat di mana nantinya data-data website   seperti artikel, gambar, coding-coding template akan di simpan di dalam hosting tersebut.
Sebelum   membeli sebuah hosting, pastikan hosting tersebut memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk kebutuhan website  . Spesifikasi yang penting dalam sebuah hosting untuk membangun sebuah website di antaranya adalah:
·         Space atau kapasitas yang di miliki hosting.
·         Bandwidth, sebuah kapasitas yang digunakan untuk mengukur jumlah pengunjung yang menuju ke website  . Jadi saya sarankan untuk memilih hosting yang memiliki bandwidth yang besar. Oiya, Bandwidth ini biasanya setiap bulannya di reset.

·         Database, saya juga menyarankan untuk memilih hosting yang mendukung database yang besar, karena database ini digunakan untuk menentukan besarnya data yang bisa  disimpan. 

Sumber : http://www.artikelteknologi.com/2016/02/pengertian-apa-itu-domain-dan-hosting.html

Comments

Popular posts from this blog

Penggunaan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar

Algoritma Greedy

Fungsi MPK