Paragraf

Paragraf adalah seperangkat atau sekelompok kalimat yang tersusun dari satu kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas. Yang di maksud Kalimat Pokok adalah suatu kalimat yang berisikan masalah atau kesimpulan dari paragraf itu sendiri. Dan Kalimat Penjelas merupakan suatu kalimat yang berisikan penjelasan masalah yang terdapat di kalimat pokok.

Jenis paragraf dilihat dari letaknya :

  1. Paragraf Deduktif
  • Definisi
      Paragraf deduktif adalah suatu Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal Paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan yang bersifat umum dan kemudian dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan khusus yang berupa contoh-contoh, rincian khusus, bukti-bukti dan lain-lain. Karena Paragraf deduktif dikembangkan dari suatu pernyataan umum, maka pola kalimatnya adalah dari umum ke khusus.

  • Ciri-ciri 
          a. Kalimat utama berada di awal paragraf
          b. Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan

  • Pola
           Umum,
           Khusus,
           Khusus,
           Khusus.

  • Contoh

        Gapoktan merupakan suatu perkumpulan dari beberapa kelompok tani yang bekerjasama dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan mereka. Gapoktan mempunyai fungsi sebagai penyedia kebutuhan pertanian mulai dari kebutuhan produksi sampai pemasaran. Adanya gapoktan diharapkan dapat menjadi penghubung antara petani di suatu desa dengan lambaga lainnya. Anggota dalam gapoktan saling bertukar informasi mengenai tujuan yang ingin dicapai.  Adanya gapoktan tentu juga akan mempengaruhi perubahan sosial masyarakatnya.


Paragraf ini termasuk dalam paragraf deduktif karena gagasan utama atau kalimat utama berada di awal paragraf yaitu kalimat "Gapoktan merupakan suatu perkumpulan dari beberapa kelompok tani yang bekerjasama dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan mereka



        2. Paragraf Induktif
  • Definisi
      Kalimat utama Paragraf induktf terletak pada bagian akhir Paragraf. Paragraf ini diawali dengan kalimat-kalimat penjelas yang berupa fakta, contoh-contoh, rincian khusus maupun  bukti-bukti yang kemudia disimpulkan atau digeneralisasikan ke dalam satu kalimat pada akhir Paragraf. Paragraf Induktif dikembangkan dari pola khusus ke umum.
  • Ciri-ciri 
          a. Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.

          b. Kemudian, digeneralisasikan menjadi sebuah kesimpulan berdasarkan penjelasan khusus.
          c. Kesimpulan yang merupakan kalimat utama terdapat di akhir Paragraf.
  • Pola

           Khusus,
           Khusus,
           Khusus,
           Umum.

  • Contoh

       Pada tahun 1969 Indonesia memiliki sekitar 7,5 juta ekor kambing, kemudian pada tahun 1990 meningkat menjadi 11,2 juta ekor. Populasi kambing terus-menerus mengalami peningkatan. Pada tahun 1994 sudah mencapai sekitar 12,8 juta ekor dan pada tahun 2001 populasi kambing sekitar 12,5 juta ekor. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa laju populasi kambing terus meningkat rata-rata 2,2% sampai 4,3% tiap tahun.

Paragraf ini termasuk dalam paragraf deduktif karena gagasan utama atau kalimat utama berada di akhir paragraf yaitu kalimat "Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa laju populasi kambing terus meningkat rata-rata 2,2% sampai 4,3% tiap tahun".



     3. Paragraf Campuran
  • Definisi
      Paragraf campuran adalah Paragraf yang diawali dengan mengemukakan kalimat utama kemudian di dukung oleh kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri oleh kesimpulan pada bagian akhir Paragraf. Dengan kata lain Paragraf ini memiliki 2 kalimat utama.
  • Ciri-ciri 
          a. Memiliki kalimat utama pada awal Paragraf dan kemudian ditekankan kembali pada akhir 
              paragrapah.

          b. Adanya pengulangan atau variasi pada beberapa kata kunci atau keyword pada awal dan 
             akhir paragraf.
  • Pola

           Umum,
           Khusus,
           Khusus,
           Umum.

  • Contoh

   Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang berusaha membangkitkan perekonomiannya. Indonesia gencar meningkatkan kegiatan produksi di sektor sandang, pangan, dan papan. Selain itu, proses distribusi merupakan sektor lain yang harus diperhatikan. Indonesia juga harus mengontrol sifat konsumtif warganya karena akan merugikan negara dalam jangka panjang. Dengan usaha-usaha tersebut, diharapkan indonesia berhasil membangkitkan perekonomiannya.

Paragraf ini termasuk dalam paragraf deduktif karena gagasan utama atau kalimat utama berada di awal dan akhir paragraf yaitu kalimat yang ada di awal adalah "Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang berusaha membangkitkan perekonomiannya" dan kalimat yang ada di akir paragraf adalah "Dengan usaha-usaha tersebut, diharapkan indonesia berhasil membangkitkan perekonomiannya"



Sumber :
  • http://www.kelasindonesia.com/2015/02/definisi-contoh-kalimat-deduktif-induktif-dan-campuran-dalam-bahasa-indonesia.html
  • http://www.tipepedia.com/2015/11/pengertian-dan-contoh-paragraf-deduktif.html#


Comments

Popular posts from this blog

Penggunaan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar

Algoritma Greedy

Fungsi MPK