Budaya Sunda

Budaya yang ingin saya pertahankan adalah budaya sunda. Kenapa? Karena saya tumbuh besar di lingkungan yang berbudaya sunda. Dengan begitu sedikit banyak tahu tentang budaya yang satu ini. Selain itu, ada beberapa hal yang saya segani dari budaya ini yaitu gamelannya, pencak silatnya, adapun bahasanya.


Yang pertama Gamelannya. Yang paling saya suka mendengar suara kecapi. Kecapi adalah sebuah alat musik tradisional sunda yang mempunyai banyak senar. Alat musik ini selalu eksis dalam pertunjukan seni sunda. Memainkan alat musik ini membutuhkan teknik yang saya rasa butuh latihan terus menerus agar mahir.

Kedua adalah pencak silat. Pencak silat ini seperti olahraga, sangat menyenangkan. Selain itu juga ketika melakukan pencak silat selalu diiringi music gamelan. Adapun pencak silat ini mampu melenturkan otot-otot, selain itu juga bela diri ini berasal dari sunda.

Yang ketiga adalah bahasanya. Saya memang tidak fasih dalam mengucapkan bahasa sunda, mungkin karena tidak dibiasakan di rumah. Namun beruntung di sma dulu setiap hari rabu wajib menggunakan pakaian kebaya sekaligus menggunakan bahasa sunda. Dari bahasa sunda yang saya suka adalah berbicara kepada yang lebih tua berbeda dengan berbicara pada yang seusia. Kemudian, ketika dipanggil orang yang lebih tua di budaya ini menyarankan untuk bilang “Kah?” atau “kulan?” yang artinya adalah “iya?”.


Pada dasarnya semua budaya sama baiknya. Namun di topik pembahasan ini, budaya yang ingin saya pertahankan adalah budaya sunda karena yang saya terima semasa bangku sekolah adalah budaya sunda, selain itu saya pun tumbuh besar di lingkungan sunda. 

Comments

Popular posts from this blog

Penggunaan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar

Algoritma Greedy

Fungsi MPK