Membuat Menu Profile pada Dreamweaver

Langkah-langkah membuat web  menu profile pada dreamweaver adalah..



1. Hal yang pertama dilakukan adalah menginstall aplikasi Dreamwaver pada laptop atau pc. Dreamweaver yang saya gunakan adalah Adobe Dreamweaver CS3.


2. Apabila Dreamwaver sudah terinstall, klik ikon dreamwaver.


3. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar disamping. Kemudian di kolom Create New klik “HTML”.


4. Klik Design pada menu ini. Fungsi dari design ini adalah untuk mengatur tampilan utama pada web yang akan dibuat.


5. Ketikan “Universitas Gunadarma” Pada area putih yang sudah disediakan. Namun jika menggunakan code, tulis dibaris setelah <body>.


6. Kemudian membuat table. Untuk membuat table klik insert pada menu bar, kemudian pilih Table. Atau cara cepatnya ctrl+alt+T. Dan akan muncul tampilan seperti gambar disamping. Pada Table size, tentukan jumlah kolom dan baris.



7. Isikan Nama, Kelas, NPM, Jenis Kelamin, Agama, No.HP pada kolom 1. Kolom 2 akan digunakan untuk menginput data sesuai keterangan di kolom ke-1.



8. Kolom ke-2, klik insert pada menu bar. Pilih Form, kemudian klik text field.


9. Akan muncul tampilan seperti gambar disamping. Klik Ok. Lakukan hal seperti tersebut pada baris Nama, Kelas, NPM, No. HP.


10.Untuk baris Jenis Kelamin, Klik insert -> Form -> Radio Group. Fungsi dari radio group adalah untuk memilih salah satu dari beberapa pilihan. Ubah kolom label dengan isian Pria dan Wanita.


11. Pada baris Agama, klik insert -> Form -> List/menu. Setelah muncul di dalam table, klik kanan pada kolom tersebut, kemudian pilih List value.



12. Fungsi dari List/menu tidak jauh beda dengan radio group, hanya saja tampilannya berupa menu tersembunyi. Isikan Item Label dengan Agama-agama yang ada. Lalu klik Ok.



13. Langkah terakhir, save file yang sudah dibuat dengan cara klik file pada menu bar kemudian save atau save as. Simpan file di tempat yang mudah anda akses dan dengan ekstensi .html. Kemudian klik save.


14. Cara run program ini dengan mengklik file yang sudah disimpan di folder, atau dengan menekan tombol F12. Tampilan yang akan muncul seperti gambar di samping. Dan pada kolom ke-2 dapat menginputkan data diri, namun belum tersimpan dalam database.


Comments

Popular posts from this blog

Penggunaan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar

Algoritma Greedy

Fungsi MPK